Limbah Bir Putih Bisa Jadi Bahan Bakar Kendaraan Mobil

Sebuah perusahaan yang berbasis di Edinburgh, Skotlandia, Celtic Renewables, berhasil menemukan cara membuat biobutanol dari residu hasil fermentasi gandum dan limbah bir putih bisa dijadikan bahan bakar kendaraan. Selama ini bahan bakar alternatif seperti biodiesel banyak diperoleh dari tumbuhan.
 
Bahan bakar alternatif tersebut bisa langsung digunakan untuk mesin mobil standar atau bisa pula dicampur dengan bahan bakar yang dijual bebas. Proses pembuatan biobutanol yang disebut ABE (aseton, butanol, etanol) cukup sederhana. Dimulai dengan mengaduk campuran limbah bir putih dan residu hasil fermentasi gandum yang biasa digunakan untuk pakan ternak.

Hasilnya akan menjadi seperti bubur. Bubur tersebut kemudian disuling kembali hingga terpisah antara aseton, butanol, dan etanol. Sisa dari penyulingan bahkan bisa digunakan sebagai pakan ternak kembali. Manfaat dari proses ini tidak ada yang terbuang sia-sia, semua bisa dimanfaatkan, bahkan limbahnya sekali pun. 

CEO Celtic Renewables, Mark Simmer, menjelaskan, perusahaannya akan memproduksi biobutanol berskala besar pada 2015. Untuk itu, pihaknya akan bekerja sama dengan perusahaan penyulingan whiskey Tullibardine di Blackford, Skotlandia. Seperti dilansir dalam Okezone.com, Senin (17/11). (ws/ok)

Posted by Loka Tekno
LokaTekno Updated at: 2:32:00 AM

0 komentar:

Post a Comment