11 Cara Cek Samsung C5 Asli atau Palsu

Samsung Galaxy C5 merupakan smartphone series C yang memiliki desain mirip iPhone serta diproduksi khusus untuk menyasar masyarakat kelas menengah ke bawah. Perangkat yang memiliki layar 5.2 inchi ini banyak disenangi oleh para penggemar Samsung di Indonesia. Ketenaran Samsung di Nusantara ini ditakutkan akan memicu kemunculan Samsung Galaxy C5 palsu.


Bagaimana tidak, para oknum-oknum membuat berbagai produk smartphone tiruan berdasarkan pada tingkat popularitas suatu device di kalangan masyarakat. Oleh karena itu, kehadiran produk Samsung Galaxy C5 replika sangat memungkinkan di Indonesia. Apalagi perangkat ini tergolong smartphone yang memiliki banyak peminat sehingga membawa banyak keuntungan bagi si pelaku pembuat perangkat tiruan. Sebagai konsumen yang cerdas, sebelum memilih smartphone perlu mengetahui cara cek Samsung Galaxy C5 asli demi keamanan sebelum membeli.

Masih ingat tentang postingan sebelumnya mengenai 10 Kelebihan Samsung Galaxy S7 dan Edge. Nah postingan yang mengulas cara cek Samsung Galaxy C5 asli atau palsu ini merupakan kelanjutan dari postingan sebelumnya dengan tujuan untuk mengetahui ciri Samsung Galaxy C5 asli dan ciri Samsung Galaxy C5 palsu sehingga anda terhindar dari kasus penipuan. Silahkan simak perbedaannya di bawah ini:

1. Kamera Primer
Cara cek Samsung Galaxy C5 asli atau palsu yang pertama dapat dilihat dari kwalitas kamera utama. Samsung Galaxy C5 ori dilengkapi kamera belakang 16 mega pixel dengan kemampuan f/1.9, autofocus, dual-LED (dual tone) flash serta fitur Geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, HDR.

Tak hanya itu, kemampuan merekam video smartphone ini mencapai hingga 1080p@30fps. Ketika digunakan untuk melakukan foto hasilnya sangat bagus saat pencahayaan berada dalam kondisi yang natural. Ciri Samsung Galaxy C5 palsu saat anda gunakan kamera utama hasilnya akan sangat mengecewakan karena resolusi dan pixel yang dibuat lebih rendah.

2. Kamera Sekunder
Samsung C5 sepertinya diproduksi untuk menyasar pengguna selfie, buktinya kamera sekunder pada Samsung Galaxy C5 dibenamkan dengan kamera berlensa 8 mega pixel dengan f/1.9. Ciri Samsung Galaxy C5 palsu biasanya kamera depan hanya hiasan saja atau jika kamera depan memang benar-benar bisa digunakan hasilnya pasti tidak sebagus kamera pada Samsung C5 asli.

3. Berat Perangkat
Dikarenakan Samsung Galaxy C5 asli memiliki layar 5,2 inchi dan didukung kapasitas baterai sebesar Li-Ion 2600 mAh sehingga smartphone ini memiliki berat 145 gram. Smartphone Samsung C5 palsu ketika ditimbang pasti memiliki berat yang tidak sama dengan aslinya karena untuk menyamakan ukuran agar selaras dengan bobot sangatlah sulit.

4. Kapasitas RAM
Samsung Galaxy C5 asli menggunakan RAM berkapasitas 4 GB. Samsung C5 palsu biasanya selalu menggunakan RAM yang kecil yakni 512 MB dan yang paling tinggi biasanya 1 GB saja mengingat perangkat Samsung Galaxy C5 merupakan device entry-level. Apabila smartphone Samsung Galaxy C5 yang anda miliki kapasitas RAM-nya tidak demikian maka itu sudah pasti palsu.

5. Memori Internal
Ciri Samsung Galaxy C5 asli atau palsu dapat dilihat juga melalui kapasitas memori internalnya. Internal memori merupakan memori yang melekat pada perangkat yang bertugas menyimpan data-data aplikasi yang terinstall atau menyimpan berbagai file, dll. Samsung Galaxy C5 asli menggunakan internal 32 atau 64 GB. Samsung C5 palsu biasanya menggunakan memori internal paling besar itu 8 GB. Hal ini dilakukan oleh pelaku agar smartphone palsu yang mereka jual bisa dibadrol dengan harga murah.

6. Versi OS Android
Nah disini juga paling sering diincar oleh pelaku kejahatan agar smartphone yang mereka jual bisa berharga murah. Samsung Galaxy C5 asli menggunakan Android OS, v6.0.1 (Marshmallow). Nah yang sering digunakan pada produk Samsung Galaxy C5 tiruan atau palsu adalah versi Android yang sudah lama meluncur seperti Jellybean atau Kitket.

7. Chipset, CPU dan GPU
Fungsi Chipset adalah untuk mengatur kecepatan aliran data, dan fungsi CPU untuk mengatur kecepatan pemprosesan data, sedangkan GPU berfungsi sebagai menjalankan grafis & aplikasi berat lainnya. Samsung Galaxy C5 asli menggunakan hardware sebagai berikut:

  • Chipset: Qualcomm MSM8952 Snapdragon 617
  • CPU: Octa-core 1.5 GHz Cortex-A53
  • GPU: Adreno 405
Dengan hardware seperti di atas dirasa sudah cukup untuk menjalankan berbagai aplikasi berat dan bermain beberapa game HD. Coba anda amati smartphone yang anda miliki, apabila hardware tidak sama dengan di atas pasti itu smartphone Samsung Galaxy C5 replika.

8. Fitur Jaringan
Samsung Galaxy C5 asli support berbagai jenis jaringan dari 2G hingga 4G LTE dan mendukung Wifi serta bisa digunakan sebagai Hotspot. Biasanya smartphone Samsung Galaxy C5 tiruan paling banter hanya memakai jaringan 3G saja dan tidak mendukung Wifi serta hotspot. Silahkan cek smartphone anda.

9. Ada Radio
Samsung Galaxy C5 asli memiliki pemutar radio yang khas. Samsung C5 palsu biasanya sangat malas menyematkan fitur pemutar radio pada perangkat tersebut. Coba anda cek Samsung Galaxy C5 yang anda miliki, apakah ada radio? Jika tidak itu pasti produk supercopy.

10. Koneksi
Samsung Galaxy C5 asli menggunakan koneksi Bluetooth versi v4.2 yang disertai dengan dukungan A2DP dan LE. Fitur NFC juga turut menyertai smartphone ini sehingga memudahkan pengguna untuk berbagai foto. Biasanya lagi, Samsung Galaxy C5 palsu juga malas menyematkan Bluetooth versi terbaru dan NFC ke dalam perangkatnya. Kalau mereka memasang semua fitur sama persis seperti aslinya pasti mereka akan rugi.

11. Cek IMEI
Cara cek keaslian Samsung Galaxy C5 paling ampuh adalah dengan mengetahui IMEI.  Cara cek kode IMEI Samsung Galaxy C5 cukup dengan menekan tombol *#06# maka akan muncul kode unik yang hanya dimiliki oleh smartphone anda saja. Silahkan anda cocokkan dengan IMEI di box kardus pembelian dan cocokkan juga di website resminya.  Apabila Samsung Galaxy C5 anda memang benar-benar asli maka keduanya akan cocok. Apabila smartphone yang anda miliki ternyata palsu, maka hasilnya pasti failed.

Kesimpulan
Semua perbandingan antara Samsung Galaxy C5 asli dan palsu yang disebutkan di atas adalah berdasarkan pada software dan hardware. Perbedaan secara fisik belumlah di bahas mengingat penulis harus membandingkan kedua smartphone antara asli dan palsu secara nyata dan disertai dengan bukti berupa gambar hasil pengamatan.

Apabila anda memiliki bukti gambar cara membedakan secara fisik antara Samsung Galaxy C5 asli dan palsu mohon untuk memberitahukan penulis sehingga bisa diposting dikemudian hari. Oh iya, Sumber artikel di atas di ambil dari GSMArena yang merupakan website terpercaya khusus membahas handphone dan website ini sudah berskala internasional. Sehingga mengenai ke akuratan data sangat dapat dipertanggungjawabkan.

Setelah anda melakukan 11 Cara Cek Samsung Galaxy C5 Asli atau Palsu di atas sekarang anda pasti sudah bisa menentukan apakah smartphone yang anda miliki itu benar-benar original atau tidak. Anda juga bisa share ke teman-teman anda agar mereka juga bisa membuktikan sendiri dengan cara cek keaslian Samsung Galaxy C5 melalui perbandingan software dan hardware di atas, apakah smartphone yang mereka miliki asli atau tiruan. Semoga bermanfaat, terimakasih.

Posted by Loka Tekno
LokaTekno Updated at: 3:51:00 AM

0 komentar:

Post a Comment