Hugo Barra Sebut MIUI 6 OS yang Bikin Happy

MIUI merupakan sistem operasi berbasis Android yang sudah dikenal banyak orang karena memiliki tampilan menarik dan mudah digunakan. Banyak yang ingin membeli perangkat besutan Xiaomi dikarenakan faktor MIUI digunakan secara default.

Perangkat Redmi 2 dan Mi Pad yang baru dirilis di Indonesia menggunakan MIUI teranyar, versi 6 yang dirilis 9 Januari silam dan menawarkan sejumlah perbaikan dan penambahan kemampuan. "MIUI 6 akan membuat penggunanya happy," kata Hugo Bara,saat peluncuran Redmi 2 dan Mi Pad di XXI Djakarta Theatre, seperti dikutip dalam Detik.com.

Banyak yang berpendapat MIUI mirip IOS 7. Namun sejatinya, ini merupakan tampilan flat interface yang saat ini menjadi tren di sistem operasi baik mobile maupun komputer. MIUI 6 menawarkan tampilan minimalis dengan desain flat. Ikonnya masih berbentuk kotak datar namun kini terlihat seperti mengapung. Berpadu dengan background yang sederhana serta tampilan warna-warni membuat MIUI 6 terlihat menarik di mata.

Kelebihan MIUI 6 dari Pendahulunya

1. Tema MIUI 6 : Salah satu keunggulan MIUI adalah memungkinkan pengguna melakukan gonta-ganti tampilan, tanpa harus root dan memasang ROM lain. Hal ini dimungkinkan tersedianya banyak theme di MIUI. Saat ini lebih dari 5000 tema tersedia di MIUI Theme Store, termasuk buatan anak negeri


2. Animasi MIUI 6 : Tidak sekadar tampilan yang dipoles. MIUI 6 turut membawa animasi realistis yang terlihat sederhana namun menarik. Misalnya saat menghapus sebuah aplikasi. MIUI menampilkan animasi yang cukup menarik bagimana ikon aplikasi tersebut hancur menjadi debu. Contoh lainnya, saat ingin berganti ke mode airplane. Saat ditekan, seketika ikon pesawat meluncur. Tak sampai di situ, saat berada di status bar, ikon pesawat tersebut bergerak seperti tengah mengudara.

3. Mail MIUI 6 : MIUI mendesain ulang aplikasi Mail miliknya. Menempatkan email dengan satu subjek yang sama ke dalam satu folder sehingga dapat melihatnya dengan cepat. Email tersebut ditampilkan dalam bentuk bubble yang berulir.


Pengguna kini bisa menentukan email mana yang ingin dibaca lebih dulu. Selain itu tersedia opsi melihat lampiran email dan menyimpannya secara langsung. Menariknya, aplikasi Mail ini mendukung hingga 120 ribu email perhari. Pengguna cukup masukkan alamat email dan password saja.

4. Notifikasi MIUI 6 : MIUI memperbarui notifikasi sehingga lebih informatif dan tidak mengganggu penggunanya. Saat dalam kondisi lock screen, notifikasi tidak memenuhi layar. Hanya ada ikon angka yang manampilkan seberapa banyak notifikasi yang ada. Barulah ketika ditekan, pengguna akan melihat semua notifikasi.


Saat berada di Home Screen atau saat membuka sebuah aplikasi, notifikasi pesan akan muncul di bagian atas layar dengan memberikan opsi untuk membalasnya. Tapi yang lebih menyenangkan adalah notifikasi panggilan telepon. Tidak ada lagi cerita ketika tengah seru bermain game harus terhenti karena layar berganti dengan tampilan panggilan telpon masuk.

Notifikasi panggilan telepon akan tampil di atas, tanpa memenuhi layar dan disertakan dua tombol menerima atau menolak. Semua notifikasi yang muncul bisa dipilah sesuai skala perioritas. Jadi, notifikasi penting tidak akan tertimpa dengan pemberitahuan yang kurang mendesak.

5. Kamera MIUI 6 : Meski secara spesifikasi hanya kamera depan yang mendapat meningkatan. Namun Xiaomi menjanjikan hasil foto yang lebih baik dari Redmi 1S. Apalagi terdapat penambahan fitur kamera di dalamnya yang membuat pengguna betah memakainya.


Salah satu fitur kamera yang baru adalah Beautify mengaplikasikan 36 smart filter berdasarkan jenis kelamin dan umur yang memperhalus kulit dan tampilan natural. Selain itu ada Selfie timer dimana fitur ini dapat membantu pengguna saat mengambil foto dengan kamera depan. Tidak ketinggalan cloud camera roll untuk menyimpan foto ke Mi Cloud.

6. Tools MIUI 6 : MIUI 6 memungkinkan pengguna membatasi penggunaan data dengan cara mengontol aplikasi mana yang menggunakan data selular, WiFi ataupun data roaming internasional. Untuk membantu pengguna pelapangkan ruang penyimpanan, tersedia fitur Cleaner yang melakukan pembersihan regular dan mendalam untuk menghapus file ataupun dokumen yang tidak penting. Tak ketinggalan Security yang menangkal dari virus ataupun malware.


Ketika ada panggilan telepon yang masuk, pengguna dimungkinkan untuk merekamnya dengan satu sentuhan saja. Nantinya akan tersimpan dalam format MP3. Adapula fitur Flashlight yang dapat diakses cepat dari lock screen tanpa harus menekan tombol home. Tidak ketinggalan pengguna kini dapat mengontrol penuh terhadap aplikasi yang ada dalam perangkat.

7. Apakah MIUI 6 Lollipop?: MIUI 6 masih berbasis Android KitKat 4.4.4. VP Internasional Xiaomi, Hugo Bara mengatakan pihaknya tengah fokus dengan MIUI 6. Namun ke depannya MIUI akan turut mengadopsi Android 5 Lollipop. "Kami tengah fokus menghadirkan MIUI 6 semua perangkat Xiaomi. Setelah itu barulah pengembangan MIUI berbasis Lollipop," katanya. (ws/dc)

Posted by Loka Tekno
LokaTekno Updated at: 5:05:00 AM

1 komentar: